Sorry, your browser does not support JavaScript!
Scroll to top
 

Mengenal Internet Marketing Media Sosial

Teknologi
Oleh ADMINISTRATOR
16 Jan 2020, 14:37:36 WIB

Mengenal Internet Marketing Media Sosial
Ilustrasi Internet Marketing

               Internet Marketing secara umum adalah bentuk upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Ada beberapa jenis Internet Marketing, seperti halnya affiliate (afiliasi), reseller/dropshipper (membeli barang untuk dijual kembali), Publisher Advertisement (menayangkan sebuah iklan), dan memasarkan produk sendiri.

Keterangan Foto : Ilustrasi Kegiatan affiliate (afiliasi)

Keterangan Foto : Ilustrasi Kegiatan reseller/dropshipper (membeli barang untuk dijual kembali)

Keterangan Foto : Ilustrasi Kegiatan Publisher Advertisement (menayangkan sebuah iklan)

          Sedangkan media sosial merupakan sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Manfaat sebuah media sosial adalah sebagai berikut :

  • Media berkomunikasi

  • Media mengekspresikan diri

  • Media mencari informasi

  • Media untuk berbagi

  • Media menambah teman / bersosialisasi

  • Media penyimpanan

       Strategi pemasaran online ini bisa dilakukan di media sosial manapun, tergantung target pasarnya. Sebagai contoh strategi pemasaran melalui jejaring sosial Facebook yaitu sebagai berikut :

  • Dengarkan isu social

    Buatlah hashtag untuk mengetahui bagaimana orang-orang terhubung dengan brand, melihat konten, menggunakan brand Anda setiap hari. Ini adalah cara yang mudah untuk melacak percakapan.

  • Tingkatkan konten social media untuk berbagi

    Pahami bahwa konten yang menarik akan mendorong pembaca untuk berbagi dengan orang lain.

  • Buat target demografis tertentu

    Semakin spesifik target, maka merek akan semakin mudah dikenal. Hal ini akan memungkinkan untuk fokus pada orang-orang yang benar-benar tertarik pada merek Anda.

Adapun manfaat yang dapat di dapatkan dalam pemasaran online, yaitu :

  • Tidak terbatas dengan waktu

  • Menjangkau pasar yang lebih luas

  • Mengurangi biaya pemasaran

  • Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email

  • Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan

Jika ada manfaat tentu ada dampak negatif dari pemasaran online, yaitu :

  • Kurangnya sosialisasi di dunia nyata

  • Mengetahui hal yang berdampak negatif bagi diri sendiri

  • Stres dan cenderung tertekan

 

Tinggalkan komentar Anda via CommentBox


Tulis komentar