Sorry, your browser does not support JavaScript!
Scroll to top
 

Online Shop, Market Place, E-Commerce. Apa bedanya?

Teknologi
Oleh ADMINISTRATOR
03 Des 2019, 16:50:50 WIB

Online Shop, Market Place, E-Commerce. Apa bedanya?
Ilustrasi marketing online. sumber: unsplash.com/@rupixen

Online Shop, Marketplace, E-commerce?

Banyak metode marketing online yang kini menjamur di dunia maya, Mengetahui metode yang pas untuk bisnis online anda menjadi suatu hal yang wajib. Lantas, muncul istilah online shop, marketplace, dan e-commerce,mari kita pelajari satu persatu! 

Online shop atau yang disebut dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara langsung, dapat melalui BBM, LINE, Facebook, Instagram atau Whatsapp.

Sedangkan Marketplace adalah model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. sebuah website menyediakan lahan atau tempat  bagi para penjual untuk menjual produk-produknya.

Walau sedikit berbeda, sistem belanja e-commerce hampir sama dengan marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah website, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Bedanya adalah pada e-commerce, barang ataupun produk yang dijual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka. Tidak ada tawar menawar dan harga yang diberikan adalah harga pas.

Seseorang menjadi tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli barang kebutuhannya, hanya dengan melihat produk online shop yang berbasis E-Commerce, mereka dengan mudah mendapatkan kebutuhannya tanpa harus bersusah payah mengantri. Dan Transaksi online ini dapat dilakukan 24 jam.

E-commerce memungkinkan seseorang berbisnis tanpa keluar rumah, dengan bermodal komputer dan jaringan internet, kegiatan E-Commerce dapat dilakukan dimana saja. Harga yang ditawarkan oleh pengguna E-Commerce pada barang produksinya rata-rata dibawah harga pasaran, dan tentunya banyak dilirik kaum pembeli lokal maupun internasional.

Dalam siklus jual beli biasa (Offline), pelanggan hanya mencangkup daerah itu saja, tetapi dalam E-Commerce perusahaan dapat mengembangkan usahanya ke daerah bahkan negara lain yang tentunya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Mana yang lebih bagus dari ketiganya?

Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika kita merasa lebih nyaman untuk berbelanja online dengan menanyakan secara langsung kepada penjual, kita bisa mencoba belanja di online shop. Jangan lupa untuk memastikan online shop yang kita pilih bukanlah online shop “abal’abal” alias penipu. Sebaliknya, jika kita merasa dengan bertanya pada penjual banyak menghabiskan waktu, kita bisa mencoba belanja di marketplace yang memiliki harga pas, tidak ada tawar menawar dan langsung transfer setelah mengklik tombol “beli”. Atau jika kita ingin membeli barang yang dijual langsung dari agen resminya, kita bisa memilih opsi e-commerce.

Cara aman dan mudah bertransaksi online

  1. Kenali reputasi toko online
  2. Bayar lewat rekening bersama
  3. Jika memungkinkan, pilih metode COD
  4. Gunakan layanan internet banking
  5. Waspada penipuan

Adakah tantangan dalam mengembangkan bisnis online?

Tentu ada, berbisnis dengan metode berbeda, menghasilka tantangan berbeda, misalnya:

  1. Masyarakat Indonesia, yang masih belum terbiasa dengan berbelanja dengan katalog.
  2. Masih harus melihat secara fisik atau memegang barang yang akan dijual.
  3. Masih senang menawar harga yang dijual.
  4. Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang.

Berbisnis menggunakan metode online berarti harus mempersiapkan kita untuk mempelajari perubahan dengan cepat. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar Anda via Disqus


Tulis komentar

Ada 1 komentar untuk berita ini

  1. tukang gombal03 Des 2019, 16:53:52 WIB

    mantab! sangat bermanfaat


Lihat semua komentar

Tulis komentar