Sorry, your browser does not support JavaScript!
Scroll to top
 

Pengenalan Teknologi Informasi

Seputar Kominfo
Oleh ADMINISTRATOR
13 Jan 2020, 14:32:09 WIB

Pengenalan Teknologi Informasi
Ilustrasi penerapan TI

           IT (Information AND Technology) , merupakan singkatan/akronim tidak resmi dalam bahasa Indonesia. IT merupakan istilah umum untuk teknologi yang membantu manusia dalam hal membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Di dunia Pendidikan IT dapat Di istilahkan Sebagai ICT (Information and Communication Technologies).

      Teknologi Informasi memiliki pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan pengunaan komputer sebagai pengolahan informasi dan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat untuk mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat yang lainnya.

      Secara umum, ada tiga tujuan utama dari TI, diantaranya adalah :

  • Untuk membantu manusia dalam memecahkan suatu masalah
  • Mendukung dan membuka kreativitas

  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan

Fungsi Teknologi Informasi yaitu sebagai berikut :

  • Menangkap (Capture), TI dapat mengkompilasi catatan-catatan secara detail dari berbagai aktivitas. Misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lainnya.

  • Mengolah (Processing), TI dapat mengolah/ memproses data masukan yang diterima yang kemudian diubah menjadi informasi baru. Olah data ini bisa dalam bentuk konversi, menganalisis, menghitung, hingga penggabungan berbagai bentuk informasi dan data.

  • Menghasilkan (Generating), akan menghasilkan atau mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya grafik, tabel, perhitungan, dan lain sebagainya

  • Menyimpan (Storage), TI dapat merekam informasi dan data ke dalam suatu media yang kemudian bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnnya data disimpan ke dalam flasdisk, CD, dan hardisk.

  • Mencari Kembali (Retrival), TI mampu mencari dan menelusuri kembali informasi dan data yang sudah pernah disimpan. Misalnya mencari data klien yang belum melakukan pembayaran.

  • Sebagai Transmisi (Transmission), TI dapat mengirimkan data dan informas dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan memanfaatkan jaringan komputer. Misalnya mengirim data penjualan ke tim lain di lokasi yang berbeda.

Komponen Teknologi Informasi sebagai pembantu adanya TI, yaitu :

  1. Perangkat Keras (Hardware) adalah perangkat komputer yang digunakan oleh seorang operator atau brainware. Hardware terdiri dari :

    • Processor

    • Memory card

    • Peripheral (input dan output device)

    • Kabel data

  2. Perangkat Lunak (Software) adalah media yang menjembatani antara hardware dan brainware (operator). Software ini dapat membantu mengoptimalkan fungsi harware dengan menerjemahkan berbagai instruksi yang diberikan oleh operator.

  3. Infoware adalah suatu dokumentasi dari sebuah informasi atau data.

  4. Fireware adalah media tempat penyimpanan yang permanen. Fungsinya adalah sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data yang ada di sebuah komputer.

  5. Brainware (user) adalah komponen paling penting dari teknologi informasi. Tanpa adanya Brainware maka komputer kita tidak akan bisa beroperasi karena sebenarnya fungsi komputer itu adalah alat penunjang kebutuhan seorang user.

Tinggalkan komentar Anda via Disqus


Tulis komentar