Sorry, your browser does not support JavaScript!
Scroll to top
 

Apa itu Linux?

Teknologi
Oleh ADMINISTRATOR
16 Jan 2020, 10:25:27 WIB

Apa itu Linux?
Ilustrasi Bash Linux

        Seperti yang telah tertulis di judul, kita akan membahas pengertian secara umum tentang Linux. Mungkin sebagian masyarakat tidak semua tahu tentang Linux ini, karena Linux sendiri kurang populer dikalangan pengguna komputer. Tapi untuk orang yang sudah pernah mendengar apa itu Linux, pasti mengetahui kalau Linux memiliki banyak manfaat didalamnya.

       Kebanyakan masyarakat menganggap Linux adalah sebuah sistem operasi, seperti Windows. Pernyataan ini bisa dibilang kurang tepat karena Linux sebenarnya adalah sebuah kernel, kalau sistem operasi sendiri adalah sebuah sistem yang lengkap karena sudah tertanam fitur-fitur pendukungnya.

           Linux adalah sebuah kernel yang gratis atau bisa digunakan tanpa harus membelinya. Linux dikembangkan oleh Linus Torvals pada tahun 1991. Nama Linux sendiri diambil dari nama pembuat kernelnya. Kini Linux bisa berkembang karena dikembangkan oleh banyak programmer di seluruh dunia. Linux sendiri memiliki sebuah distribusi sendiri atau yang dikenal dengan nama Distro.

        Distro Linux merupakan sebuah sistem operasi komputer yang menggunakan kernel Linux. Distro Linux sendiri bisa digunakan secara gratis, dan ada juga yang harus membayar lisensinya. Banyak contoh Distro Linux yang tersedia di Internet, seperti halnya yaitu Debian, Kali Linux, Ubuntu, dan lain-lain.

Keterangan Foto : Lambang Linux

Berikut adalah kelebihan dari Linux, yaitu :

  • Ringan jika dijalankan, sehingga hanya membutuhkan sedikit sumber daya pada perangkat komputer
  • Proses installasi yang cepat
  • Proses booting yang cepat
  • Sangat aman karena tidak mudah terkena virus
  • Gratis

Berikut juga kekurangan dari Linux, yaitu :

  • Jumlah aplikasi pendukungnya lebih sedikit
  • Proses instalasi yang sulit bagi pengguna yang belum pernah menggunakan Linux
  • Kurang cocok digunakan untuk bermain game, karena banyak game yang mungkin tidak mendukung Linux

Tinggalkan komentar Anda via Disqus


Tulis komentar