Mengenal Internet Marketing Media Sosial

Internet Marketing secara umum adalah bentuk upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Ada beberapa jenis Internet Marketing, seperti halnya affiliate (afiliasi), reseller/dropshipper (membeli barang untuk dijual kembali), Publisher Advertisement (menayangkan sebuah iklan), dan memasarkan produk sendiri.
Keterangan Foto : Ilustrasi Kegiatan affiliate (afiliasi)
Keterangan Foto : Ilustrasi Kegiatan reseller/dropshipper (membeli barang untuk dijual kembali)
Keterangan Foto : Ilustrasi Kegiatan Publisher Advertisement (menayangkan sebuah iklan)
Sedangkan media sosial merupakan sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Manfaat sebuah media sosial adalah sebagai berikut :
Media berkomunikasi
Media mengekspresikan diri
Media mencari informasi
Media untuk berbagi
Media menambah teman / bersosialisasi
Media penyimpanan
Strategi pemasaran online ini bisa dilakukan di media sosial manapun, tergantung target pasarnya. Sebagai contoh strategi pemasaran melalui jejaring sosial Facebook yaitu sebagai berikut :
Dengarkan isu social
Buatlah hashtag untuk mengetahui bagaimana orang-orang terhubung dengan brand, melihat konten, menggunakan brand Anda setiap hari. Ini adalah cara yang mudah untuk melacak percakapan.
Tingkatkan konten social media untuk berbagi
Pahami bahwa konten yang menarik akan mendorong pembaca untuk berbagi dengan orang lain.
Buat target demografis tertentu
Semakin spesifik target, maka merek akan semakin mudah dikenal. Hal ini akan memungkinkan untuk fokus pada orang-orang yang benar-benar tertarik pada merek Anda.
Adapun manfaat yang dapat di dapatkan dalam pemasaran online, yaitu :
Tidak terbatas dengan waktu
Menjangkau pasar yang lebih luas
Mengurangi biaya pemasaran
Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email
Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan
Jika ada manfaat tentu ada dampak negatif dari pemasaran online, yaitu :
Kurangnya sosialisasi di dunia nyata
Mengetahui hal yang berdampak negatif bagi diri sendiri
Stres dan cenderung tertekan