Sorry, your browser does not support JavaScript!
Scroll to top
 

Pemkab Kediri Gelar Bimtek Pengelolaan Data dan Layanan Publik Halo Masbup 2.0

Informasi Publik
Oleh ADMINISTRATOR
17 Sep 2025, 17:00:15 WIB

Pemkab Kediri Gelar Bimtek Pengelolaan Data dan Layanan Publik Halo Masbup 2.0

Kediri - Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Data dan Laporan Layanan Publik Halo Masbup 2.0 di Fave Hotel, Rabu (17/9).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Mohamad Solikin, dalam sambutannya menegaskan pentingnya peran admin Halo Masbup dalam menerima aduan serta berkomunikasi dengan masyarakat.

“Dengan adanya trust (kepercayaan), kita layak melaksanakan tugas itu. Tentu penyelenggaraan pemerintahan akan lebih stabil, kebijakan dan program bisa direspons serta berjalan dengan baik,” ujarnya di hadapan 84 admin Halo Masbup.

Ia juga mengimbau para admin memanfaatkan kesempatan bimtek untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Nur Miftahul Fuad, menjelaskan bimtek ini bertujuan memperkuat implementasi Halo Masbup 2.0 di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terutama terkait standarisasi dalam merespons aduan masyarakat.

“Yang kedua, bagaimana pengelolaan Halo Masbup ini kemudian terintegrasi dengan Dhahanapura Kadiri Command Center,” jelasnya.

Selaras dengan arahan Sekda, Fuad menekankan pentingnya membangun kepercayaan publik. Ia berpesan agar para admin memposisikan diri sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Kediri maupun Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Ke depan, hasil tindak lanjut aduan melalui Halo Masbup juga direncanakan akan dipublikasikan kepada masyarakat.

“Harapannya bisa dipublikasikan sehingga masyarakat tahu bahwa aduan mereka mendapat respon baik dari Mas Bupati dan Pemkab Kediri,” imbuh Fuad.

Sebagai informasi, Halo Masbup 2.0 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya dengan tampilan interaktif dan fitur kecerdasan buatan (AI) yang mempercepat interaksi antara pelapor dan admin.

Versi terbaru ini juga ditingkatkan dari sisi kompatibilitas sistem, keamanan, serta waktu respon aduan yang dipersingkat dari 2x24 jam menjadi 1x24 jam. Hingga kini, lebih dari 19 ribu aduan telah ditindaklanjuti melalui aplikasi tersebut.

Pada kesempatan ini hadir dua narasumber. Dimas Setiawan Dwi Atmaja dari CV Mitra Teknologi Digital menyampaikan materi tentang manajemen layanan publik berbasis Halo Masbup 2.0 serta pengelolaan data dan laporan statistik.

Serta Managing Director GOVE Digital Agency, Desi Ana Budi Nur Cahyani, membawakan materi mengenai strategi menjawab keluhan masyarakat dengan cepat dan tepat guna membangun kepercayaan publik.(By.Dinas Kominfo Kab.Kediri)

Tinggalkan komentar Anda via CommentBox


Tulis komentar