Sorry, your browser does not support JavaScript!
Scroll to top
 

SONGSONG ERA DIGITAL, DINAS KOMINFO KABUPATEN KEDIRI GELAR PELATIHAN ONLINE SHOP UNTUK PELAKU UMKM

Seputar Kominfo
Oleh ADMINISTRATOR
24 Jun 2022, 00:00:45 WIB

SONGSONG ERA DIGITAL, DINAS KOMINFO KABUPATEN KEDIRI GELAR PELATIHAN ONLINE SHOP UNTUK PELAKU UMKM

Untuk meningkatkan keahlian pelaku UMKM dalam memasarkan dan menjual produk berbasis online, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri mengadakan Pelatihan Online Shop (Marketplace) UMKM di Gerai Ruma Inkubasi (GARASI) Desa Papar, Kec. Papar, Kabupaten Kediri, Kamis (23/06).

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Kediri, Drs. Sri Ilham Wahyu Subekti, M.Si. tersebut mendapat antusias yang baik dari peserta pelatihan. Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo menjelaskan menyongsong era digital saat ini, pelaku UMKM harus mampu beradaptasi menyesuaikan diri agar bisa bersaing dan terus maju. “Tidak bisa dipungkiri, sekarang banyak konsumen yang lebih memilih belanja secara online dan melakukan aktivitas secara online.”

Fokus pelatihan yang dihadiri oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Kediri ini adalah cara penggunaan Facebook Marketplace dalam mempromosikan produk dan juga membuat deskripsi produk yang menarik. Mauliana Nurikasari S.Pd. S.Sc.,M,Blotech sebagai narasumber pelatihan online shop UMKM memaparkan bahwa Facebook Marketplace memiliki keunggulan dan mudah digunakan. “Facebook Marketplace hanya perlu verifikasi nomer HP, tidak perlu upload kartu identitas, berjualan gratis tanpa ada potongan, dapat memperoleh banjiran orderan dengan mudah asal konsisten, dan juga ada tag lokasi sehingga bisa terjangkau lokasi target yang sesuai dengan keinginan”, jelasnya.

Pelatihan Online Shop (Marketplace) UMKM yang dihadiri 40 peserta UMKM di Kabupaten Kediri tersebut diharapkan mampu menghidupkan UMKM yang ada di Kabupaten Kediri dengan lebih luas lagi. Pelatihan ini juga sebagai upaya pemerintah untuk mendukung program Mas Bupati Kediri, Mas Dhito untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kediri salah satunya dengan mendukung dan memajukan perekonomian melalui UMKM. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Drs. Sri Ilham Wahyu Subekti, M.Si. berharap melalui kegiatan pelatihan ini para peserta dapat memahami dan mengerti bagaimana produk kita bisa berkreasi dan berinovasi di toko online, dan belajar tentang pengelolaan toko online yang baik. “Dan semoga pelatihan ini benar-benar bermanfaat dan membantu UMKM.” (Ehm/pip)

Tinggalkan komentar Anda via Disqus


Tulis komentar