Sorry, your browser does not support JavaScript!
Scroll to top
 

Mengenal Blockchain

Teknologi
Oleh ADMINISTRATOR
10 Jan 2020, 11:14:13 WIB

Mengenal Blockchain
Ilustrasi pertukaran Mata Uang Digital

Sebagian masyarakat mungkin tau apa itu Blockchain dan sebagian lagi mungkin masih belum tau. Dalam artikel ini kita akan membahas gambaran umum tentang Blockchain.

Apa itu Blockchain?

               Di dalam dunia teknologi cryptocurrency(mata uang digital) seperti Bitcoin dan kawan-kawan nya mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu melacak transaksi dalam jumlah besar yang aman. Dan teknologi yang biasa digunakan untuk mata uang digital adalah Blockchain. Blockchain pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. Teknologi ini terdiri dari blok yang masing-masing bloknya menampung sebuah transaksi, dimana di tiap bloknya saling terkait dengan kriptografi, sehingga membentuk sebuah jaringan. Seiring berkembangnya teknologi, mata uang digital di masa depan bisa menjadi hal yang menarik. Di beberapa negara maju di dunia telah menerapkan mata uang nasional berbasis Blockchain, kebanyakan memakai mata uang digital Bitcoin.

Bagaimana keamanan Blockchain?

     Blockchain sendiri menggunakan proteksi kriptografi yang canggih, dan bisa dikatakan ini lebih aman daripada sistem perbankan tradisional. Blockchain memiliki teknologi terdesentralisasi, yang datanya tidak dapat diubah atau diedit membuatnya bagus sebagai transaksi dan penyimpanan informasi penting.

          Blockchain juga bermanfaat untuk menjaga privasi pengguna dalam bertransaksi, tapi terkadang bagi sebagian orang menganggap sebagai metode pembayaran bagi penjahat cyber karena di dalam jaringan tersebut tidak harus mengungkapkan identitas orang yang membuat atau menerima sebuah transaksi.

Apa yang menjadi keunggulan Blockchain?

       Blockchain mempunyai beberapa keunggulan yang diantaranya adalah memberikan transparansi di sebuah transaksi. Transaksi ini bisa dilacak melalui public address yang datanya bisa dilihat oleh semua orang melalui explorer, dan bisa melihat berapa jumlah akun, serta kemana saja arah transaksi itu berjalan. Teknologi ini juga mempunyai kriteria khusus yaitu transaksi di dalam teknologi ini datanya tidak bisa diubah (immutable), yang berarti teknologi Blockchain ini sangat aman karena tidak mempunyai perintah edit, hanya bisa menambahkan data.

Tinggalkan komentar Anda via Disqus


Tulis komentar